Tuesday 30 July 2013

0

LATIHAN MEMBUAT HALAMAN HTML SECARA SEDERHANA

PERTEMUAN KEDUA
Hari, tanggal       : Senin, 29 Juli 2013.
Pengajar              : Dewi Nurdiyah, S.Pd. (Produktif RPL)




LATIHAN MEMBUAT HALAMAN WEB (SEDERHANA)

Secara sederhana suatu Personal Computer (PC) terdiri dari perangkat-perangkat keras yang terhubung sedemikian rupa sehingga menjadi suatu proses pengolahan data, mulai dari media input (keyboard, mouse), pemroses data (CPU/Central Prosesing Unit), serta yang terakhir media output (monitor, printer sebagai pencetak data).
Lantas bagaimana suatu komputer terhubung dengan komputer lainnya? Suatu komputer terhubung dengan komputer lainnya melalui Internet (interconnection network) yang nantinya akan menghubungkan komputer-komputer secara universal atau mendunia. Jaringan tersebut terdiri atas komputer klien dan server.

Beginilah alur sebuah data/permintaan layanan internet terjadi:

1) Progammer membuat program berisi kode-kode HTML (Hypertext Mark-up Language) yang akan ditanamkan pada komputer server sehingga menjadi suatu website tertentu yang siap diakses.

 2) Komputer server yang akan menerima permintaan komputer klien yang meminta layanan internet tertentu yang akan disesuaikan dengan website yang telah ditanamkan oleh progammer. sehingga suatu sambungan internet terkoneksi secara berkesinambungan.


Atau penjabarannya; progammer menanamkan program ke komputer server, mengirimkannya lewat kode-kode program seperti kode HTML (hypertext mark-up language)  kemudian begitu klien mengirim permintaan layanan internet lewat URL yang nantinya akan diterima server. Setelah terdeteki sesuai permintaan server akan mengirim data ke komputer klien sebagai penerima data.
Sebuah web dibangun oleh kode HTML yang saling tersusun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah website dengan berbagai komponen yang akan ditampilkan.
Sebuah halaman pada dasarnya terdiri atas dua bagian yaitu:
1)      Head. Sebagai kepala tempat peletakan judul dll.
2)      Body. Sebagai tubuh berisi isi dll.


CARA MEMBUAT HALAMAN WEB DENGAN FORMAT HTML SEDERHANA:
1) Kita dapat membuat kode-kode html melalui aplikasi notepad. Seorang progammer mutlak hafal seluruh kode yang akan dibuatnya. Suatu kode dibuka dengan <html> dan ditutup dengan </html> begitu seterusnya secara berpasang-pasangan.


2) Kemudian simpan file dengan format "Save As" kemudian ganti formatnya dengan .html (dot html), encoding Unicode lalu save.
3) Buka file dengan firefox atau internet explorer lantas lihat hasil yang terjadi.

Berdasar kode diatas akan menjadi halaman web yang sesuai dengan kode htmlnya.



Source:
http://www.dewinurdiyah.blogspot.com

0 comments: