Thursday 11 September 2014

0

PERULANGAN (LOOPING) dalam PHP

PERULANGAN (LOOPING) dalam PHP
Author: Stella D. J. ShanawiPemrograman Web PHPSMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kab. Semarang dalam Kurikulum 2013Tahun Ajaran 2014/2015


          Dalam pemrograman berbasis PHP atau Hypertext Preprocessor, sebuah pemrograman web server-side yang bersifat open source, ada 3 konstruksi looping:

  • WHILE
  • DO WHILE
  • FOR
WHILE
Digunakan untuk melakukan perulangan selama ekspresi kendali bernilai benar perulangan akan berhenti ketika ekspresi kendali bernilai salah atau diberikan sebuah statement break.
Bentuk dasar perulangan while:

While(expr)
{
     statement;
}

Expr adalah kondisini yang harus dipenuhi sebagai syarat terjadinya perulangan; artinya pada expr jika kondisi masih dipenuhi perulangan masih bisa dilakukan.
Statement logika diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. $a = 1; digunakan untuk memberikan nilai awal perulangan.
  2. while($a<10); digunakan untuk memberikan kondisi bahwa perulangan akan dilakukan ketika kondisi a<10 masih terpenuhi.
  3. $a++ statement ini merupakan "incrementd" yang artinya di setiap perulangan nilai a, akan bertambah 1 sampai akirnya a<10 dan proses perulangan berhenti. jadi perulangan while akan memeriksa ekspresi terlebih dahulu, ekspresi akan menyebabkan perulangan sedangkan yang salah menjadikannya berhenti.


DO WHILEEkspresi pada perulangan do-while dideteksi setelah proses satu loop dilakukan.
Bentuk dasar do while adalah sebagai berikut:
do{    statement;while(ekspresi)

Ekspresi adalah kondisi yang harus dipenuhi sebagai syarat terjadinya perulangan; artinya jika kondisi pada expr masih dipenuhi perulangan masih dilakukan.


FOR
Digunakan untuk melakukan perulangan dengan jumlah yang ditentukan yaitu sebelum proses perulangan dimulai sudah ditentukan batas akhir dan batas awal dan statement perulangan.
Bentuk dasar perulangan for adalah sebagai berikut:
for(awal;akhir;step){   statement;} 


  1. Awal adalah batas kondisi awal perulangan.
  2. Akhir adalah batas kondisi akhir perulangan.
  3. Step adalah tingkat kenaikan perulangan.
  4. Statements adalah pernyataan yang diulang.
Semisal; for($i=1;$i1<=10;$i++) dibaca: Perulangan dimulai dari i(sebagai variabel) =1, samai akhrnya 1 menjadi <= 10, dengan tingkat kenaikan 1.




Dalam struktur perulangan terdapat beberapa pernyataan yang bertujuan mengubah jalannya eksekusi terhadap proses looping yang dilakukan. Pernyataan tersebut adalah break, continue, dan exit.

BREAK
Pernyataan ini digunakan untuk keluar dari perulangan sintkas=break(n) dalam hal ini n merupakan parameter opsional yangd igunakan jika terdapat nested loop(perulangan dalam beberapa tingkatan). Pernyataan break akan mengikuti urutan tingkatan, dimulai dari tingkat paling dalam menuju tingkat terluar.

CONTINUE
Pernyataan ini digunakan dalam struktur perulangan untuk melewati proses iterasi saaat ini dan melanjutkan ke iterasi selanjutnya.

EXIT
Pernyataan ini digunakan untuk mengakhiri seluruh proses eksekuasi yang sedang berjalan. Akibat yang ditimbulkan pernyataan ini tidak hanya pada script PHP saja, tetapi juga pada HTML.
Program yang digunakan untuk menjalankan kesemuanya dalam PHP antara lain: Notepad, Adobe Dreamweaver, dan XAMPP.

0 comments: